Komputer Super dapat Meramal Berdasarkan Berita

_COMPLEX COMMUNITY_

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menunjukkan bahwa dengan sebuah komputer super, kita dapat meramalkan kejadian-kejadian yang akan terjadi di masa yang akan datang. Bahan-bahan yang dijadikan “pijakan” untuk dianalisa berasal dari berita.
Misalnya kejadian besar yang baru-baru terjadi di Libya dan Mesir. Berdasarkan berita-berita sebelum kejadian terjadi, komputer itu dapat meramalkan yang akan terjadi di negara-negara itu. Komputer-komputer super itu menganalisis kata-kata kunci tertentu, misalnya “terrible”, “nice”, ataupun kata kunci berdasarkan mood (artikel di dalam berita yang mewakili berita baik atau buruk), beserta keterangan lokasi secara spesifik, misalnya “Kairo”, kemudian mengubahnya dalam bentuk koordinat dan menunjukkan di dalam peta.
Setelah berita dianalisis, komputer super itu membentuk sebuah “jaringan” yang menghubungkan dengan 100 triliun komputer lainnya. Oya, komputer super yang digunakan dalam penelitian ini bernama Nautilus atau SGI Altix di Universitas Tennessee. Prosesor yang digunakan adalah 1024 buah prosesor Intel Nehalem itu dapat mengkalkulasi sebanyak 1 triliun kali dalam satu detik! Wow!
Sayangnya, data berita yang digunakan oleh komputer ini adalah dari koranThe New York TimesOpen Source Center, dan BBC Monitoring. Hingga saat ini, komputer ini masih dalam pengembangan dalam menganalisa koran lokal di seluruh dunia. Kita lihat saja perkembangan apa yang yang dapat diberikan oleh komputer super ini di masa yang akan datang.

Diadaptasi dari National Geographic Indonesia dengan pengubahan seperlunya.

Comments